Tips untuk memperpanjang umur ransel anda

Ada yang bilang, ransel adalah teman terbaik para pejalan dan pendaki.  Sejak jatuh cinta dengan aktifitas di alam bebas, saya memiliki beberapa ransel yang kerap menemani kegiatan saya di alam bebas.

Saya bukanlah orang yang fanatik dengan satu merk ransel. Sepertinya punggung dan bahu saya  bisa dengan mudah beradaptasi dengan banyak jenis ransel.  Mulai dari merk Eiger, Karrimor, lowe alpin,  Deuter, dan lain-lain,  semuanya saya anggap cukup nyaman dan tangguh untuk membawa semua perlengkapan perjalanan saya. Mungkin karena saya cukup rajin merawat, membersihkan ransel-ransel yang ada, jadi kualitasnya masih tetap terjaga, hingga tetap nyaman dipakai.

19020_502464553109297_2065008404_n

Tentunya selain perawatan yang baik, menggunakan ransel dengan baik dan benar juga bisa mempertahankan kenyamanan ransel anda. Baik dan benar dalam artian tidak membawa beban melebihi kapasitas maksimal ransel dan susunan penempatan barang yang benar di dalam ransel.

Ada beberapa teori tentang packing yang diyakini oleh para pengemar kegiatan outdoor. Bagi mereka yang kerap mendaki gunung, secara umum penempatan susunan barang di dalam ransel berurutan mulai dari yang teringan di posisi paling bawah dan yang terberat berada di posisi paling atas. Dengan susunan seperti itu  beban akan ditahan oleh kedua bahu secara merata. Titik berat beban itu jatuh di tulang yang kuat, yaitu tulang belakang. Berat beban di dalam ransel akan ditahan secara sempurna oleh kedua bahu.

Lantas bagaimana kita merawat si teman terbaik ini ? berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan dan merawat ransel anda :

  • Jika ada noda, tumpahan makanan, atau kena getah tanaman segera bersihkan dengan lap basah, atau bersihkan dengan sabun yang lembut jika ada. Ini akan mencegah penumpukan noda dan kotoran pada material ransel anda.
  • Saat sebuah perjalanan usai, jangan biarkan ransel anda teronggok di sudut ruangan dalam waktu lama . Segera dibersihkan dengan sikat yang lembut, di-vacuum bila perlu. Setelah semua kotoran dan debu dianggap bersih sapukan dengan lap basah dengan menggunakan detergent yang lembut, baik dibagian dalam maupun di bagian luar. Jangan gunakan sabun dengan bahan kimia dan pewarna yang kuat, karena dapat menyebabkan lapisan penahan air mengelupas dan merusakan bahan-bahan yang lain.
  • Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian sudut dan tepi dari ransel. Cek juga tempat dudukan frame, bersihkan kotoran yang tersangkut di sana. Bersihkan resluiting dengan sikat gigi setelah itu kasih sedikit silicon spray untuk pencegahan karat dan meminyaki bagian resluiting.
  • Setelah bagian luar dan dalam dibersihkan, bilaslah untuk membersihkan sisa-sisa sabun dengan air dingin, bisa juga menyemprotnya dengan air, untuk memastikan semua sisa sabun dan kotoran terbilas habis. Setelah itu keringkan ransel dengan cara digantung terbalik pada tempat yang tidak terkena matahari secara langsung, hingga benar-benar kering.

Perawatan yang teratur pastinya akan memperpanjang umur ransel anda, membuatnya tetap nyaman dipakai dan tahan lama.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply