Banyak jalan menuju Kathmandu

“Banyak jalan menuju Roma” demikian kata peribahasa, yang artinya kira-kira “banyak cara dalam meraih harapan”. Bagi para trekker, maupun pendaki gunung yang serius “Banyak jalan menuju Kathmandu” secara harafiah diartikan bahwa untuk mencapai Kathmandu, ibukota Nepal, negeri Himalaya ini ada banyak cara. Melalui jalur udara maupun jalur darat.

139_Compressor-002Kathmandu, merupakan pintu gerbang untuk memasuki dunia turisme di Nepal. Untuk mencapainya melalui jalur udara ada beberapa kota persinggahan apabila terbang dari Indonesia. Jadi memang tidak ada penerbangan langsung ke Kathmandu dari Indonesia. Para pelancong akan singgah terlebih dahulu di Bangkok, atau Kuala Lumpur, atau Singapura. Umumnya persinggahan ini akan bermalam, dan baru keesokan harinya penerbangan akan berlanjut menuju Kathmandu.

Mendarat di bandara Tribuvan para turis akan langsung berbaris dalam antrian untuk memperoleh Visa. Dimana Visa saat Kedatangan (Visa On Arrival atau VOA) memang diberlakukan di Nepal. Turis tinggal memilih mau tinggal berapa lama di Nepal. Visa tersedia dengan lama tinggal bervariasi antara 2 minggu sampai 3 bulan.

Sebagian besar turis datang ke Nepal adalah karena daya tarik pegunungan Himalaya, dimana cara menikmatinya pun bervariasi : mulai dengan cara trekking, atau bagi yang tidak ingin jalan kaki dapat mengaguminya dengan cara menumpang pesawat ringan yang terbang disela-sela puncak-puncak bersalju. Bagi para pemuja Himalayapun memiliki cara tersendiri dalam menikmatinya, dengan cara melakukan ekspedisi trekking maupun ekspedisi pendakian. Biasanya untuk dua kegiatan terakhir dibutuhkan visa tinggal yang cukup lama, minimal 30 hari sampai sekitar hampir 3 bulan. Sedangkan untuk trekking bervariasi antara 5 hari sampai sekitar 3 minggu.

Dengan makin banyaknya penerbangan menuju ke Kathmandu dewasa ini, termasuk juga penerbangan murah menggunakan low-cost carrier, maka makin banyak pula turis datang masuk ke Kathmandu. Kathmandu tidak hanya dapat dicapai melalui jalur udara, namun banyak pula para turis backpacker yang masuk melalui jalur darat menggunakan bus maupun kereta api dari India yang memang bertetangga langsung dengan Nepal.

Jadi memang banyak jalan menuju Kathmandu….
… pulling into Kathmandu
smoke rings fill the air
perfumed by a Nepal night
the Express gets you there….
(lirik lagu “A Passage to Bangkok” oleh Rush)

Leave a Reply