Bosen jogging ditempat itu-itu saja, pengen cari suasana baru, silahkan coba tempat ini

Ada beberapa oase bagi para penggemar olahraga jogging di Jakarta, salah satunya adalah hutan kota Tebet. Dikenal juga dengan nama Taman Kebun Bibit Tebet, hutan ini letaknya hanya seratusan meter dari jalur padat Jalan MT. Haryono.

Di hutan ini ada  lintasan sepanjang  800 m yang  sepanjang  jalurnya dinaungi oleh rindangnya pepohonan. Sebagian diantaranya adalah pohon-pohon besar yang berusia puluhan tahun, dengan bentukan urat dan akar pohon yang unik. Sebuah sungai kecil juga mengalir membelah hutan kota ini, menambah keasrian kawasan.

Kawasan hutan kota Tebet cukup terawat dengan baik, kebersihannya selalu terjaga. Sehari-harinya ada beberapa petugas yang menyapu dan mengumpulkan daun-daun yang berguguran, baik itu di lintasan jogging maupun di lahan datar yang ditanami rerumputan hijau. Rumput-rumputnya juga selalu dipotong secara berkala.

Selain lintasan jogging, walaupun sederhana, di sana juga ada fasilitas untuk pull up, sit up dan beberapa barbell yang bisa digunakan untuk berlatih beban.  Para penyuka refleksi kaki juga bisa menikmati seratus meteran jalur refleksi, berjalan tanpa alas kaki di atas kerikil yang ditanam di semen

nik1

Kawasan ini mulai ramai didatangi para jogger sejak pagi buta, para pencari kebugaran ini berusaha memanfaatkan waktu sebelum berangkat kerja untuk berolah raga ringan terlebih dahulu di tempat ini.

Saat akhir pekan, hutan ini cukup ramai dikunjungi warga Tebet dan sekitarnya,  untuk olahraga atau sekaligus pesiar bersama dengan anggota keluarganya. Para pelari yang lebih serius biasanya memanfaatkan lintasan jogging ini pada siang, sore dan malam hari. Pada saat-saat tersebut biasanya kecepatan lari bisa lebih maksimal karena jumlah pengunjung yang lebih sedikit.

Jika ingin menjajal lintasan ini pada siang hari, tak perlu khawatir tersengat panas matahari siang, rerimbunan pepohonan yang ada di sana  cukup   menjanjikan kesejukan di tengah teriknya matahari di Ibukota.  Saat malam haripun aktifitas jogging masih bisa dilakukan dengan nyaman dan aman, karena ada cukup penerangan di sepanjang lintasan.

Yang membawa kendaraan, parkirnya juga mudah, bisa dihalaman parkir di dalam kawasan hutan, atau di secure parking di Pom Bensin Pertamina MT Haryono.

Setelah cukup berkeringat dan perut mulai berteriak minta diisi, jangan khawatir, ada macam-macam kuliner yang dijajakan di dekat pintu masuk, mulai dari susu kedele, aneka jajanan pasar, ketupat sayur, bubur ayam, buah segar dan lain-lain. Jika masih kurang puas perburuan kuliner bisa dilanjutkan menuju pasar Tebet, yang jaraknya cukup dekat dengan tempat ini. Pilihan makanan di sana lebih beragam, mulai dari gudek, sayur lodeh, pepes peda, hingga empek-empek, dijamin deh, badan sehat, perut senang.

nik2

Tim Gapai Tinggi Ama Dablam 2013 juga sering berlatih di sini loh, jadi bolehlah kapan-kapan kita kopdar sambil bertukar cerita dan curcol di tempat ini. Tidak sulit untuk menemukan lokasi Hutan Kota Tebet, dari jalan MT Haryono arah ke Cawang, belok kiri setelah Pom Bensin Pertamina MT Haryono. Tak jauh dari belokan itu sudah tampak hutan kota Tebet. Segera ajak partner, pacar, dan teman jogging anda, jangan lupa siapkan playlist menghentak di Ipod anda, supaya acara jogging  jadi lebih bersemangat.

 

 

Leave a Reply